Selasa, 26 Februari 2013

Tipe-Tipe Akun Twitter

Halo! Selamat datang kembali di blog yang tidak paling kalian nantikan dan tidak paling kalian tunggu. Kali ini gue nggak lagi ngomongin cinta, soalnya gue sama dia lagi baik-baik aja.  Sama pacar orang juga lagi baik-baik aja. Sama cowok yang ceweknya suka gue sepik di timeline, juga lagi baik-baik aja. Kadang, menulis sajak bahagia pun terasa tak bermakna.
Sepi ya.
Daripada gue nyari gara-gara dengan terang-terangan nyium cewek orang di depan pacar sendiri demi mendapat kalut dan getir agar menghasilkan tulisan yang bernada parau, gue mending nyari kesibukan yang lebih positif. 
Pernah merhatiin orang main twitter nggak? Bukan. Bukan merhatiin avatar cewek yang lagi mamerin tetek atau selangkangan lalu follower-nya jadi banyak. Bukan. Tapi merhatiin gaya ngetwit dan konten twit mereka. Gaya ngetwit dan konten twit ini seolah-olah membentuk tipe-tipe akun twitter.
Berawal dari keisengan, malah keterusan gue perhatiin. Yaudah, daripada nggak penasaran, cekidot!
#CommonPeople
Ini adalah tipe akun yang paling banyak ditemui ketika seseorang memutuskan untuk main twitter. Sekitar 80% lebih akun bersifat personal ini berseliweran di timeline. Akun mayoritas ini talk about event and talk about others. Jadi jangan heran kalau kita menemukan twit mereka yang berisi “Gue lagi di sini sama anu, makan anu, rasanya anu.”. Mereka akan dengan senang hati ngasitau posisi mereka lagi di mana, dan mereka juga akan sangat girang ngasitau apa yang sedang mereka lakukan.
Twitter kan selalu nanya, “What’s Happening?” ke penggunanya, dan tipe akun Common People ini adalah yang akan menjawabnya tanpa pamrih. Yea, they talk about events.
Kalau ngeliat orang curhat di twiter tanggapan kalian apa? Kalau tanggapan gue, orang yang suka curhat di twitter itu seperti cepirit di celana, terus celananya dibuka di depan khalayak ramai. Pertanyaannya: Apakah orang-orang yang melihatnya akan berdecak kagum pada corak cepirit yang nempel di celananya?
Lalu darimanakah asal muasal kata nyindir dan nyinyir? Entahlah, tapi tipe akun Common people ini mahir dalam menggunakan dua kata di atas. Jadi jangan heran kalau mereka nyinyir dan nyindir secara nomention di timeline kalian. Sekali lagi, jangan heran. Yea, they talk about the others.
#LoveBunnies
Tipe akun ini nyaris seperti tipe common people, tapi ada sedikit jurang pembedanya. Pernah liat orang pacaran di twitter? Pernah liat orang pacaran di twitter terus berantem dan berujung saling memaki? Pernah liat orang yang pacaran yang jadiannya di twitter dan putusnya juga di twitter? Yea, Mother of FTV. Mereka adalah inspirasi penulis skrip FTV-FTV. Mereka tergolong tak berperikeasmaraan.
#NewsUpdate
Tipe akun yang menyajikan berita tajam, akurat, dan terpercaya. Biasa dilihat dengan twit berisi link berita. Dan nggak usah kecewa kalau mention nggak dibalas. Mereka pakai sistem admin dan bot. Jadi kalau lagi kesel sama pacar, coba aja maki-maki akun berita ini. Dijamin nggak akan marah. Dibales juga nggak. Tapi ada loh akun yang menyajikan berita-berita tajam, akurat, dan terpercaya yang kalau dimention bisa membalas. Sebut saja @my_supersoccer yang terkenal dengan gaya sarcastic twit dan @terselubung yang sampai saat ini gue nggak pernah ngerti dia dapet berita-beritanya dari mana. 
#KEPOaddict
Tipe akun yang sampai sekarang masih bikin gue nggak ngerti kenapa hashtag yang dia buat bisa jadi trending topic, cuma karena nanya/ngepoin follower-nya dengan pertanyaan ber-hashtag. If you know what i mean..
#Frontality
Terkenal dengan twit-twit yang menyuarakan isi hati. Nyaris semua tipe akun frontal ini bukan akun pribadi/personal. Jadi cuma ngetwit dan nggak akan bales mention. Gue melihat ini sebagai ladang dan lumbung memaki satu sama lain. Karena twitnya memang selalu nomention dan semua followernya bebas nge-RT buat nyindir temennya yang lagi dia sebelin saat itu.
Contoh twit frontal: “HAHAHA MOBIL BOKAP LO AJA LO BANGGAIN. MATI AJA KE LAUT LO. HAHAHAHA”
Gue yakin akan banyak banget yang nge-RT twit ini. Entahlah, walau akun-akun ini terkesan labil karena terus menyindir dan memaki, toh dia digemari para pengguna akun twitter lainnya. Terbukti dengan follower-nya yang ratusan ribu.
#Educoholic
Twit-twit yang mendidik dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik adalah ciri khasnya. Biasa dimiliki oleh akun publik maupun akun pribadi. Kultwit atau kuliah twit adalah tehnik mereka untuk menjabarkan suatu ilmu di timeline. Gue pernah ngebaca twit seorang selebtwit yang bilang kayak gini: “Kultwit jangan kepanjangan, ntar nggak ada yang ngeritwit loh.”
Ini lucuk, sumpah!! :))
#ThirstOfMotivation
Twit-twit yang akan membuat kita bangkit sekali lagi, membuat kita mengerti arah jalan pulang, dan membuat kita percaya bahwa kita bukanlah butiran debu, adalah ciri khas dari tipe akun ini. Biasanya, tipe akun ini cuma ngetwit motivasi dan dia nggak akan bales menition. Akun-akun bertipe ini bagus untuk mereka yang ingin pandai menjaga emosi dalam hidup ini, terutama hidup di ranah per-twitteran yang makin hari makin kejam. Dan tentu saja tipe akun ini difollow oleh ratusan, bahkan jutaan orang di muka bumi ini.
#BussinesMaster
Tipe akun ini biasa dimiliki oleh para pengusaha atau pebisnis. Mereka rutin memberikan pelajaran tentang cara berbisnis, motivasi berbisnis, event-event/gathering para pengusaha, dan seminar motivasi. Selain itu mereka juga sering ngetwit motivasi di kehidupan. Bedanya dengan tipe Thirst of motivation, mereka ngebales mention.
Gue sering stalking timeline mereka buat nambah wawasan ilmu dan bisnis. Itung-itung ngurangin pengangguran di masa depan.
#OnlineBussines
            Tipe akun ini aktivitas utamanya adalah ngetwit barang dagangan. Banyak dari mereka juga ngetwit tentang cara memulai bisnis. Tipe akun ini emang persis dengan tipe Bussines Master, bedanya mereka jualan. Online shopping gitu. Barang yang dijual juga beragam, seperti batik bola, jersey klub bola, gadget, console game, produk kecantikan, behel, obat kuat Viagra dan masih banyak lagi. Kalau pacar orang bisa dijual, mungkin bakal mereka jual juga. Namun sampai sekarang, belum ada OL shop yang jualan jodoh.
Denger-denger, pacarmu itu dapet dari OL shop, ya? Emang OL shop-nya jualan apa? CHIKI?!? 
Pantes.
#GalauUNITE
Tipe akun yang twitnya begitu dipuja, digilai, digandrungi, dan diritwit secara nggak santai oleh segenap jiwa para anak muda ini, menyumbang banyak kontribusi dalam kegalauan dunia Twitter Indonesia. Sebut saja salah satu yang paling keren dalam tagline-nya, “Nggak galau, nggak gaul” membuktikan bahwa tema perih dalam cinta adalah komoditi yang laku keras di pasaran. Bagaimana dengan jumlah follower-nya? Setiap akun twitter yang bertema galau, nggak ada yang dikit. Minimal puluhan ribu. Wow!
#Wordsmith
Ketika bicara cinta sesungguhnya, ketika bicara tentang roman picisan sebenarnya, ketika bicara arti hidup segetirnya, dan ketika bicara tentang wajah Tuhan dalam wajah perempuan, maka tipe akun inilah yang menjadi juaranya. Berdiri di paling depan dengan kalimat menusuk dan merasuk kolbu, para pemilik akun yang digadang-gadang sebagai seorang pujangga ini, begitu digilai dengan kemampuannya dalam menguntal dan menguntai kata menjadi air mata. Bahkan beberapa ada yang mampu menggunakan kangen untuk melipat jarak menjadi seumpama kata.
Tipe akun wordsmith akan selalu berpuisi di tiap kesempatan. Bahkan, saat menjelang bersin, ia masih mampu menulis syair, yang kemudian dia bacakan setelah bersin. Jadi wajar saja syair, pantun, rima, dan quotation, adalah trademark mereka yang lazim ditemukan di timeline kalian.
#StandUpComedian
            Tipe akun ini jelas menghibur dan bikin mules perut karena ketawa. Tuhan itu maha adil, Ia datangkan para comedian ini untuk menghibur para tuna asmara agar sejenak melupakan kesendiriannya, lewat twitnya yang muncul di timeline kalian. Tipe akun ini bisa berupa akun publik yang nggak akan bales mention, atau akun personal yang ketika bales mention, masih sempet-sempetnya ngasi balesan yang bikin ketawa. 
#respect
#Buzzer
Biasa mempromosikan sesuatu ke dalam timeline kalian. Baik berupa dagangan, informasi, atau ajakan ke sebuah event tertentu. Orang yang melakukan buzzer ke dalam timeline kalian akan mendapat upah. Jadi, siapapun bisa menjadi buzzer asalkan mempunyai follower yang banyak.
Dan ini yang paling ramai dibicarakan di republik Twitter.
#Selebtwit
            Sebenernya, gue nggak pernah ngerti kenapa ada sebutan untuk tipe akun ini. Selebtwit adalah mereka yang terkenal di republik Twitter jelas karena twitnya. Kalau dilihat dari cara ngetwitnya, selebtwit adalah akun personal yang ngetwitnya sama seperti tipe akun common people. Lantas mengapa mereka disebut selebtwit? Mengapa mereka terkenal?
Jawabannya sederhana.
Mereka ngetwit dengan cara yang sedikit berbeda. Tulisan mereka sedikit tidak biasa.
Contoh 1:
Bukan selebtwit: “Aduh, laper nih.”
Selebtwit: “Laper tingkat duda anak tiga.”
Contoh 2:
Bukan selebtwit: “Ciee yang LDR,, nggak malem mingu ciee”
Selebtwit: “Ciee yang LDR, Loro Digebukin Rindu, ciee” 
Contoh 3:
Bukan selebtwit: “Kalo LDR gini terus, gue bisa kepincut ama yg deket nih” :))))
Selebtwit: “Maksud hati ingin bertahan kepada yang jauh, tapi apa daya cinta bersemi kepada ia yang dekat.”
Ketemu bedanya? Mungkin gue nggak tau banyak karena gue emang bukan selebtwit, tapi dari banyak selebtwit yang gue tau, mereka itu..
Kreatif.
Bagaimana dengan follower-nya? Nggak usah ditanya lagi!!
Jadi, kamu tipe akun twitter yang mana?

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan, baik dan benar :)